Skip to main content
MAHESA.ID

follow us

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Keringat yang berlebih menjadi salah satu penyebab terjadinya bau badan. Keringat sesungguhnya tidaklah berbau, tetapi keringat yang melekat terlalu lama pada kulit akan menambah bakteri penyebab bau tidak sedap. Bau yang tidak sedap ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman bahkan dapat dijauhi orang sekitar.

Jika kamu memiliki masalah bau ketiak, kamu dapat menggunakan deodorant atau bahan-bahan alami yang mampu mengurangi bau. Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau badan:

Jeruk Nipis

Menggunakan jeruk nipis juga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan alami yang dimilikinya. Kamu dapat membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada ketiak.

Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan yang dapat efektif menghilangkan bau badan dan keringat yang berlebih secara cepat. Kamu dapat mengambil beberapa lembar daun sirih dan rebus hingga menjadi 2 gelas air. Air rebusan tersebut dicampur ke dalam bak yang kamu gunakan untuk mandi.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu memberikan aroma yang wangi pada tubuh. Sifat antimikroba yang terkandung di dalamnya juga dapat mengambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan kandungan asam laurat yang dimilikinya mampu untuk menhancurkan bau menyengat. Kamu dapat mengoleskan minyak kelapa ke area ketiak setelah mandi.

Baking Soda

Baking soda dapat kamu gunakan sebagai pengganti deodorant. Baking soda mampu menetralkan asam dan basa sehingga dapat mencegah bau badan.

Baca juga: Cara Cepat Memutihkan Ketiak Secara Alami

Daun Kemangi

Cara mengatasi bau badan dapat pula menggunakan daun kemangi karena minyak astiri yang dimilikinya. Selain itu, daun kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik. Kamu cukup memakan daun kemangi sebagai lalapan setiap pagi dan sore. Selain itu, daun kemangi juga bisa kamu seduh menjadi teh.

Tomat

Tomat mengandung antisepstik yang dipercaya dapat membantu menghilangkan bau badan. Kamu dapat mengonsumsi tomat langsung atau membalurkannya ke ketiak.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang dapat dirasakan, salah satunya untuk menghilangkan bau badan. Oleskan cuka sari apel ke ketiak selama 15 menit, kemudian bilas dengan sabun. Cara ini bisa kamu lakukan sebelum mandi dan lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Temulawak

Temulawak dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Hal ini disebabkan karena temulawak memiliki zat alami yang dapat mencegah munculnya bau badan, yaitu minyak astiri, sapomin, dan flavonoida. Kamu dapat menggunakan air perasan temulawak 2 kali sehari dan bisa pula mencampurkan madu ke dalamnya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Bunga Rosemary

Bunga rosemary juga mengandung minyak astiri yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan selanjutnya. Kamu dapat mengoleskan minyak esensial rosemary pada ketiak. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan rebusan air rosemary ke dalam bak, dan gunakan air tersebut setiap hari ketika mandi.

Peterseli

Peterseli dapat kamu gunakan untuk bahan alami menghilangkan bau badan selanjutnya. Kandungan klorofil yang tinggi serta aromanya yang segar dapat memberikan efek penghilang bau. Peterseli dapat melawan bakteri yang menjadi penyebab bau badan. Kamu dapat mengonsumsi peterseli sebagai salad atau membuatnya menjadi jus.

Kopi

Kopi bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak karena kandungan kafein yang dimilikinya. Kafein dipercaya ampuh untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada bagian kulit. Kopi juga memiliki kandungan putrescine yang dapat memberikan aroma wangi dan segar.

Cara menggunakan kopi dapat dicampur dengan teh. Siapkan rebusan teh dan campurkan kopi setelahnya. Sebelum mengoleskannya pada ketiak, oleskan minyak zaitun dan balurkan ramuan tersebut beserta ampasnya. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Cengkeh

Cengkeh juga mengandung minyak astiri yang bisa kamu gunakan sebagai bahan alami selanjutnya. Cara menggunakannya yaitu dengan merendam cengkeh ke dalam air panas selama 15 menit. Campurkan madu dan minum 2 kali sehari secara rutin.

Baca juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami

Selain menggunakan bahan alami di atas, kamu juga bisa menghilangkan bau badan dengan berolahraga. Olahraga memang menghasilkan keringat yang berlebih. Namun ternyata saat berolahraga pori-pori akan terbuka dan mengeluarkan bakteri yang menjadi penyebab bau badan. Selamat mencoba!

Related Article

Artikel Pilihan:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar