Skip to main content
MAHESA.ID

follow us

Cara Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Melakukan diet sehat dapat membuat kamu memiliki tubuh ideal dalam jangka panjang. Diet sehat merupakan usaha untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat dan teratur.

Diet merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ideal. Jika memilih melakukan diet sehat, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Berikut cara diet sehat secara alami yang yang mahesa idrangku dari beerapa sumber::

Hindari Mengonsumsi Alkohol

Cara diet selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghindari alkohol. Alkohol cenderung mengandung tinggi kalori yang dapat membuat diet kamu gagal. Alkohol juga dapat membuat kita kehilangan mineral penting yang dibutuhkan tubuh sehingga membuat kita dehidrasi.

Olahraga Teratur

Olahraga harus menjadi rutinitas untuk membantu membakar kalori lebih ekstra. Selain untuk membakar kalori, melakukan olahraga juga dapat membantu membentuk otot dan membuat bentuk tubuh lebih ideal. Kamu dapat melakukan olahraga sekurangnya 30 menit sehari.

Baca juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami

Pilih Makanan Tepat

Selama menjalani diet, kamu harus bisa menghindari makanan berlemak, berminyak, asin, atau manis secara berlebihan. Memilih makanan yang tepat sangat berperan penting untuk menyukseskan diet yang sedang dijalani. Alih-alih melakukan diet, kamu malah mengalami kenaikan berat badan karena tidak mengatur makanan yang akan dikonsumsi dengan tepat. Makanan kemasan dan gorengan dapat menjadi musuh yang dapat membuat diet kamu gagal.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air dengan cukup juga merupakan keharusan dalam menjalani program diet. Hal ini disebabkan karena tubuh sebagian besar berisi cairan, sehingga manusia sangat membutuhkan air. Selalu bawa persediaan air ketika melakukan aktivitas di luar.

Tidak Biarkan Tubuh Kelaparan

Menahan lapar justru dapat membuat kamu balas dendam dengan makan secara berlebihan. Rasa lapar yang berlebih akan membuat kamu melupakan diet sehat dan mengonsumsi makanan apapun yang ada di depan mata.

Mengatur Jadwal Makan

Untuk menghindari tubuh kelaparan, kamu harus mengatur waktu makan. Pola makan diet sehat tetap dapat membuat kamu bisa makan seperti biasa. Tetapi, kamu perlu memperhatikan porsi serta menu makanan yang akan dikonsumsi.

Mengunyah Dengan Benar

Cara mengunyah dengan benar juga merupakan cara diet sehat yang dapat kamu lakukan. Mengunyah dengan benar dan perlahan dapat membantu kamu merasa kenyang lebih cepat sehingga membuat kamu tidak makan secara berlebihan.

Sarapan Dengan Menu Buah dan Sayur

Menu sarapan buah dan sayur dapat mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Kebutuhan serat yang tercukupi dapat mempercepat dan memperlancar buang air besar (BAB).

Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan Pasca Lebaran

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur atau istirahat menghambat proses metabolisme tubuh. Meski telah melakukan diet yang sehat tetapi tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, usaha kamu untuk menurunkan berat badan dapat gagal. Istirahatlah yang cukup dengan tidur 6-8 jam sehari.

Kurangi Mengonsumsi Gula dan Garam

Selain mengatur porsi dan menu yang akan dikonsumsi, kamu juga harus membatasi untuk mengonsumsi gula dan garam. Membatasi gula dan garam merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalani diet.

Mengonsumsi Makanan yang Dikukus dan Direbus

Memilih mengonsumsi makanan yang dikukus dan direbus dapat membuat kamu menghindari makan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi.

Melakukan cara di atas dapat membantu kamu untuk menjalani diet sehat yang dapat menurunkan berat badan. Selain itu, tidak saja berat badan yang turun, tubuh juga menjadi lebih sehat jika hal tersebut dapat kamu lakukan setelah selesai menjalani diet. Selamat mencoba!

Related Article

Artikel Pilihan:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar