Dampak Psikologis Bagi Anak yang Sering di Bentak Orang Tua

Sebuah video memperlihatkan anak yang kena marah orang tuanya hingga didorong keluar dari mobil di Malang, Jawa Timur. Orang tua yang marah pada anak sebetulnya adalah hal yang umum. Namun sebetulnya, bagaimana dampak kemarahan pada anak? Mungkinkah pesan dari orang tua tersampaikan?

Menurut psikolog Anna Surti Arianti, dampak kemarahan tergantung pada hubungan anak dan orang tua sebelumnya. Bila hubungannya baik maka kemarahan tidak berdampak berat. Namun jika hubungannya buruk anak bisa saja mengalami trauma.

"Untuk dampak ringan, mungkin anak merasa kesal dan marah. Sedangkan jika trauma anak bisa saja takut menghadapi orangtua, atau timbul perasaan negatif lainnya. Namun untuk sampai trauma biasa jauh ya, mungkin kesal dulu," kata psikolog yang kerap disapa Nina ini kepada detikHealth.

Terlepas dari dampak kemarahan orang tua pada anak, Nina mengingatkan pentingnya membuat kesepakatan antar kedua belah pihak. Hal ini untuk mencegah kejadian serupa kembali terulang, yang dalam kasus viral tersebut adalah anak yang menolak les.

Kesepatan berisi konsekuensi yang harus ditaati orang tua dan anak. Tentunya kesepakatan tidak boleh berat sebelah dan harus bermanfaat bagi orang tua serta anak.

Artikel Pilihan:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser