Cara Menargetkan Trafik Blog di Negara Tertentu

Cara Menargetkan Trafik Blog di Negara TertentuDi pos ini, saya akan membagikan beberapa gagasan yang bisa membantu meningkatkan lalu lintas dari negara target sobat.

Tentu ada solusi mudah untuk membeli lalu lintas khusus untuk menargetkan di negara tertentu yang dapat bekerja dalam situs komersial dan e-niaga.

Tapi perlu diketahui, Trafik organik adalah yang terbaik untuk lalu lintas untuk blog yang kita kelola.

Berikut langkah yang bisa sobat lakukan jika ingin Menargetkan Trafik Blog di Negara Tertentu

1. Nama Domain

Ekstensi domain tingkat atas seperti .com dan .org biasanya diurutkan lebih tinggi di mesin telusur global, namun agar blog atau situs sobat menargetkan negara tertentu, membeli domain khusus negara selalu merupakan ide bagus.

Sobat mungkin memperhatikan bahwa sebagian besar blogger Australia menggunakan ekstensi domain .au, dan peringkatnya cukup tinggi di Google Australia. Demikian pula untuk Indonesia, sobat dapat menargetkan .id atau .co.id sebagai ekstensi domain sobat dengan hasil bagus di Indonesia. Jika untuk lalu lintas dari Inggris, ambil ekstensi domain .co.uk untuk hasil terbaik.

Dalam upaya melestarikan brand sobat, sobat juga bisa membeli TLD lainnya seperti .com atau .org. Tapi satu kelemahan utama dari ide ini adalah sobat akan merasa sangat sulit untuk menentukan peringkat di search engine spesifik negara lain. Jadi, jika tujuan sobat jelas dan sobat tahu target pemirsa, ekstensi domain khusus negara adalah cara terbaik.

2. Google Webmaster Tool Geo-Targeting

Google Webmaster Tool, alat gratis dari Google untuk blogger dan webmaster, akan sangat membantu blogger atau webmaster yang mencari lalu lintas spesifik negara. Alat ini memungkinkan sobat menetapkan negara yang ditargetkan pada situs web sobat.

Masuk dan verifikasi situs web sobat di Google Webmaster Tool, dan di bawah Konfigurasi> Pengaturan. Sobat dapat menentukan negara yang ingin di targetkan.

3. Lokasi Server Web Hosting

Faktor penting lainnya dalam menggerakkan lalu lintas bertarget adalah lokasi server sobat. Jika negara tujuan sobat untuk lalu lintas adalah A.S. (Amerika Serikat), sobat bisa meng-host situs web sobatdi server berbasis A.S. Jika sobat menargetkan lalu lintas dari Australia, host situs web sobat di server Australia.
Contoh:
     Server berbasis A.S.: Bluehost
     Server berbasis Indonesia: Rumah web

Faktor lain seperti CDN juga membantu mempercepat situs web sobat di berbagai negara, namun agar tetap fokus pada target, host situs web sobat hanya di negara yang lalu lintas sobat targetkan.

Ini akan memastikan bahwa situs sobat akan memuat lebih cepat di negara tersebut karena IP server, dan bot mesin telusur akan dapat menentukan lokasi server.

4. Backlinks

Saat Google Search diluncurkan, mereka menggunakan backlink untuk mengetahui popularitas konten. Banyak yang telah berubah seiring berjalannya waktu, namun pentingnya backlink tetap signifikan.

Misalnya, jika target pemirsa sobat berada di Inggris, cobalah untuk mendapatkan lebih banyak backlink dari situs web berbasis Inggris.

Sobat bisa mendapatkan backlink berbasis negara dengan memanfaatkan peluang guest blog, atau dengan menghabiskan waktu mempelajari seni komentar blog. Kedua metode tersebut terbukti dan Penguin-safe jika dilakukan dengan benar.

5. Penargetan Tingkat Konten

Konten adalah sinyal utama yang digunakan Google untuk menentukan negara yang sobat targetkan. Jika sobat menargetkan beberapa negara dengan ekstensi nama domain generik (.com, .org), tambahkan nama negara di judul dan deskripsi meta pos. Ini tidak hanya membuat konten sobat lebih tertarget kata kunci, namun juga memberi sinyal yang jelas bahwa memang sobat menargetkan negara tertentu.

Selain itu, jenis konten dan bahasa yang sobat gunakan di artikel juga akan menentukan peringkat situs web sobat.

Kita semua tahu bahwa keterbacaan adalah faktor SEO yang diketahui, dan jika bahasa sobat mengikuti standar Indonesia dan menargetkan lalu lintas A.S. maka akan sangat sulit. Untuk alasan ini, sobat harus yakin untuk memperbaiki bahasa sobat untuk negara tertentu yang lalu lintas yang  targetkan.

Sobat juga bisa menyewa penulis atau editor dari negara tertentu yang memiliki kemampuan menulis dan gramatikal yang sangat baik dalam bahasa negara tersebut.
jika sobat ingin mempelajari lebih lanjut bisa baca di sini

6. Local SEO Menggunakan Google Places

Ini mungkin tidak berlaku untuk blog generik, namun jika Anda menjalankan blog layanan atau situs web e-niaga, Google Places akan sangat berguna.

Klaim bisnis sobat di Google Places, dan tambahkan semua informasi terkait seperti alamat, nomor telepon, dsb. Ini akan membantu Google menentukan lokasi bisnis sobat.

Sobat juga dapat membuat profil media sosial di berbagai situs web, dan mengisi informasi tersebut dalam upaya untuk membantu sobat mendapatkan lebih banyak kutipan lokal.

7. Kirimkan Situs Web ke Mesin Pencari & Direktori Lokal

Untuk lalu lintas berbasis negara, sobat harus mengirimkan situs ke mesin pencari lokal dan direktori web lokal. Ini akan menjadi alat yang sangat berguna untuk mendapatkan backlink spesifik dari negara tertarget dan akan menjadi faktor penting dalam menentukan lokasi geografis lalu lintas Anda.

8. Google Trend

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sobat harus menargetkan konten blog ke kata kunci yang populer di negara tertentu yang sobat targetkan.

Misalnya, kata kunci "bakso" sangat populer di Indonesia, tapi tidak berlaku di belahan dunia lainnya.

Cobalah untuk menemukan kata kunci yang populer di kalangan pemirsa di negara target, dan buat strategi konten berdasarkan hal itu.

Sebagai contoh, kebanyakan blog iPhone akan memiliki trafik besar dari A.S. atau U.K, karena iPhone lebih populer di negara-negara tersebut jika dibandingkan dengan negara-negara Asia.

9. Melacak Perkembangan Kata Kunci di Penelusuran Spesifik Negara

Sobat perlu melacak kemajuan kata kunci di negara target sobat. Ini akan membantu sobat untuk mengetahui strategi mana yang sedang bekerja dan mana yang tidak.
Bila sobat mengidentifikasi strategi yang berhasil, sobat dapat berfokus pada strategi itu dan mengerjakannya untuk mendorongnya ke tingkat berikutnya.

Sobat bisa menggunakan Keyword Planner, SEMrush atau UberSuggest untuk mengecek peringkat kata kunci di negara tertentu.

Kapan pun sobat menulis rencana bisnis untuk blog sobat, negara yang ditargetkan harus berada di urutan teratas daftar prioritas sobat. Ini akan membantu sobat merencanakan kampanye pemasaran konten dan blogging secara efisien.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser